Random Product

Minggu, 15 Maret 2015

contoh proses pewarnaan dan proses pembuatan kain Rang-Rang


CONTOH KEGUNAAN KAIN RANGRANG
Pada Gambar di atas adalah salah satu contoh kegunaan kain tenun rangrang, dan kain tenun rangrang bukan hanya dapat di gunakan sebagai bawahan seperti yang ada pada gambar di atas, tenun  rangrang juga dapat di gunakan sebagai bahan dasar seperti contoh, bahan dasar tas, bahan dasar dompet, bahan dasar kemeja, dan masih banyak lagi.

PROSES PERWARNAAN TENUN RANGRANG

 






Pada gambar di atas adalah bentuk proser pewaranaan motif tenun, dalam perwarnaan ini ada dua bagian perwarnaan, pada kesempatan ini kami memberikan salah satu contoh pewarnaan yang menggunakan tenaga manual.
dengan gambar di atas adalah menggunakan teknik celup, teknik celup ini lebih rumit daripada teknik menutul, teknik celup ini mengunakan bahan perwarna yang di namakan wenter, wenter yang di gunakan biasanya berbentuk bubuk karna wenter bubuk ini lebih bagus kualitasnya di banding wenter yang cair.
cara perwarnaan pertama tama kain yang harus di basahi dahulu dengan air yang di capur rata dengan diterjen dahulu, supaya mebuka resat serat kain, dan jangan lupa untuk menyedu wenter bubug itu dengan air panas supaya bisa merata. setelah itu baru di masukan kain yang sudah basah dan di diamkan berapa menit.setelah selesai tinggal di keringkan 


PROSES PENENUNAN



proses penenunan ini di lakukan deng cara manual dan tanpa menggunakan alat tenun canggih, karna alat tenun manual lebih rapi di banding alat tenun yang mengunakan alat tenun mesin.
dan anda bisa melihat cotoh cara menenun pada gambar diatas,.
dan sekian sedikit info dari kami Sentra Tenun Troso